Syarat Perpanjangan SIM ( surat izin mengemudi )


Syarat Perpanjangan SIM ( surat izin mengemudi )

  1. Fotocopy KTP (2 lembar)
  2. Fotocopy SIM (1 lembar)
  3. Membawa SIM asli

Berapa biaya perpanjangan SIM C ?

Banyak sekali artikel di internet yang sudah memberikan rincian biaya total yang di keluarkan untuk memperpanjang SIM C ini. Namun ternyata setelah saya mencoba kemarin ini (Oktober 2015) biayanya sedikit lebih mahal dari informasi yang sudah saya peroleh di internet tersebut. Total biaya yang saya keluarkan untuk memperpanjang SIM kemarin adalah 150.000, dengan rincian biaya antara lain:
  1. KIR Dokter (Surat Dokter): 40.000
  2. Membuat kartu Sidik Jari: 10.000
  3. Loket Pembayaran: 100.000

Berapa lama proses perpanjangan SIM C selesai?

Jika saya melihat pada standar lamanya waktu pelayanan yang di pajang di dinding ruang pelayanan SIM adalah 60 menit, namun prakteknya prosesnya lebih dari 2 jam di hari Kamis pada waktu itu. Yang jelas lama tidaknya tergantung dari banyak tidaknya orang yang melakukan proses perpanjangan/pembuatan SIM. Mungkin untuk hari Jumat dan Sabtu bisa lebih cepat karena hanya setengah hari, sehingga lebih sedikit orang yang memilih hari itu untuk melakukan proses ini itu SIM.

Cara Memperpanjang SIM C di Polres, Contoh Perpanjangan SIM Polres Banjarnegara

Silahkan bawa persyaratan dan jangan lupa juga untuk bawa uang dan jangan lupa juga untuk sarapan terlebih dahulu, siapa tahu nanti antrinya lama. Berikut ini step – step cara memperpanjang SIM yang saya contohkan di Polres Banjarnegara.
Pertama: Silahkan menuju Polres dan menuju ruang KIR Dokter, kalau di Banjarnegara lokasinya bersebelahan dengan Pos Polisi di perempatan lampu merah Polres. Pada step ini silahkan anda sampaikan kepada petugas bahwa anda ingin memperpanjang SIM. Proses yang terjadi di sini antara lain:
  1. Menyerahkan Fotocopy KTP dan SIM (masing – masing 1 lembar)
  2. Saya ditanya seperti pekerjaan saat ini, berat badan dan lain – lain
  3. Setelah Surat Dokter jadi saya diminta membayar sebesar 40.000
Kedua: Karena saya belum mempunyai kartu Sidik Jari maka saya diminta untuk membuatnya terlebih dahulu dan prosesnya cukup singkat. Jika anda sudah memiliki kartu sidik jari maka anda dapat melewati step ini. Proses yang terjadi di Ruang Sidik Jari antara lain:
  1. Menyerahkan Fotocopy KTP
  2. Mengisi Formulir yang di berikan
  3. Cap 10 sidik jari oleh petugas (setelah selesai jangan lupa cuci tangan)
  4. Selesai dan anda akan di berikan kartu Sidik Jari berwarna kuning/orange
  5. Biaya 10.000
Ketiga: Membawa semua berkas yang sudah saya buat tadi ke ruang pelayanan SIM, nah sesampaianya disana kondisi cukup ramai. Proses yang terjadi di ruang Pelayanan SIMantara lain:
  1. Menuju Loket Perpanjangan SIM dan kemudian menerima formulir untuk di isi (contoh pengisian sudah ada di dinding)
  2. Setelah formulir selesai di isi selanjutnya menuju Loket Pembayaran, yang harus di bayarkan sejumlah 100.000
  3. Setelah itu saya mendapat nomor antrian untuk Foto SIM
Keempat: Setelah masuk ke Ruang Foto SIM, selain foto juga di minta untuk scan ibu jari kanan dan kiri kemudian tanda tangan. Setelah itu saya menunggu untuk kemudian nama saya di panggil di Loket Pengambilan SIM dan SIM asli yang sudah kadaluarsa di minta oleh petugas.
Cara memperpanjang SIM mudah bukan? jadi urutan proses perpanjang SIM antara lain KIR Dokter – Sidik Jari – Loket Perpanjangan SIM – Loket Pembayaran – Foto SIM – Ambil SIMdan terakhir pulang deh.
Kurang lebih seperti itu proses memperpanjang SIM, semoga pengalaman saya ini bisa memberikan gambaran bagi teman – teman yang ingin memperpanjang SIM. Demikian Cara Memperpanjang SIM C di Polres semoga menambah wawasan kita semua.

Lagi Hangat